Kue Klepon Yang Dicap Tak Islami

Sangat disayangkan dan membuat banyak orang sedih karena kue klepon viral tapi dicap sebagai jajanan yang tidak Islami oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal, bahan bakunya tidak ada yang menggunakan bahan nonhalal seperti babi atau semacamnya. Lantas, darimana asal usul kue klepon sebenarnya?

Asal Muasal Kue Klepon

Kue klepon memang terkenal karena rasanya yang unik, gurih di luar dan ada kejutan manis dari dalamnya. Jajanan tradisional Indonesia ini dibuat dari tepung ketan dan dibentuk bulat kecil dan diberi pewarna makanan hijau (secara tradisonal pewarna yang dipakai adalah daun pandan atau suji). Kejutan manis di dalam kue klepon berasal dari gula jawa yang meleleh karena proses pemasakan. Sedangkan luar klepon, agar tampilannya lebih manis diberi parutan kelapa. Tidak jarang yang menambahkan gula pasir pada parutan tersebut.

Menurut sejarah, kue klepon sudah ada sejak tahun 1950-an dan diperkenalkan pertama kali oleh imigran Indonesia ke Blenda. Pada saat itu, klepon menjadi menu di sebuah restoran Indonesia – Belanda dan etnis Tionghoa.

Pada buku Local Development Heritage Traditional Food and Cuisine as Tourist Attraction in Rural Areas karangan Bessire tahun 1988, kue ini dihargai sebagai salah satu wawasan budaya. Selain itu juga menjadi symbol serta identitas kolektif suatu daerah. Hingga kini, kue klepon masih popular dan masih banyak ditemui di pasar tradisional jawa. Dijual juga oleh pedagang jajanan pagi hari yang biasa mangkal di pinggir jalan.

Kue Klepon Punya Banyak Penggemar Hingga Artis Korea

Karena rasanya yang enak ini, tidak hanya orang tua saja yang menyukai kue klepon. Usia remaja hingga anak-anak juga menyukai jajanan pasar ini. Bahkan, di video unggahan @mrs_choi di Twitter, member boyband Super Junior (Suju) mengungkapkan kalau kue tradisional klepon enak!

Hal ini terungkap pada sebuah video dari akun tersebut yang menampilkan Siwon sedang mencicipi kue klepon.  Ketika pertama kali mencoba, Siwon menampilkan ekspresi kebingungan karena masih mencerna rasa makanan di mulutnya itu. Lalu ia mundur dan menghadap ke MC dengan wajah yang terkejut sembari menunjuk kue yang baru saja disantap. “What? Klepon? Sedap, sedap!” kata Siwon sambil mengacungak jempol dan tersenyum.

For your Information, kue klepon ternyata tidak hanya di Indonesia saja lho, bahkan di Brunei, Malaysia dan Singapura juga ada. Hanya saja, nama makanan ini berbeda alias bukan klepon karena nama ini hanya ada di Jawa saja. Di Sumatra dan Malaysia, klepon lebih dikenal dengan sebutan onde – onde. Bahkan seiring berjalannya waktu onde-onde ini tidak hanya berwarna hijau. Isinya pun divariasi, seperti menggunakan coklat, strawberry, nanas dan lainnya.

Tidak hanya isiannya saja, kue klepon ini dibuat lebih menarik sebagai cake ulang tahun. Kue bolu dengan warna hijau ditataburi kelapa parut secara merata dan diberi kue klepon sebagai pemanis sekaligus pengganti buah maupun coklat. Ada ada saja dan sangat innovative ya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *